Sugeng rawuh--selamat datang--welcome... :)

Selamat datang di blog Bimo Suryojati Photography (bimosphotography)

Blog ini saya buat untuk memperkenalkan
diri, dan memperkenalkan (gallery) karya foto saya kepada anda semua.
Beberapa dari foto di bawah adalah karya komersial yang telah saya lakukan, beberapa yang lain merupakan hasil hunting dan hasil belajar fotografi yang akan terus saya perbaiki sampai batas kemampuan saya..

Akhir kata, semoga layak untuk dinikmati, dan bisa meramaikan dunia fotografi Indonesia..

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan,
terima kasih matur nuwun

Bimo Suryojati

(agar lebih nyaman dalam melihat/membaca galery dan uraian dari foto-foto saya, anda bisa memilih berdasarkan judul atau tema yang ada dalam BLOG ARCHIEVE, trimakasih.. :) )


Friday, April 16, 2010

1. Candid Wedding Photography




Ini beberapa sample foto liputan wedding, yang sebagian besar merupakan foto candid. Foto candid merupakan style foto favorit saya, dan terus saya pelajari sampai sekarang. Foto liputan candid yang baik bagi saya, adalah sebuah foto yang mampu menunjukkan 'emosi' dari suatu moment yang ter-capture melalui kamera.

Saya yakin, bertahun-tahun setelah moment itu (pernikahan) terjadi, pasangan mempelai akan lebih mudah 'teringat' akan 'suasana hati' yang terjadi pada waktu itu, melalui foto-foto liputan candid. Karenanya saya selalu berusaha mengembangkan kemampuan saya dalam menceritakan sebuah 'moment' dalam sebuah foto candid...


Selain harus mampu menceritakan 'kisah' dari suatu moment yang terjadi, foto liputan wedding seyogyanya juga mampu menunjukkan aura kebahagiaan, keindahan, kecantikan, dan mood positif lainnya, karena moment pernikahan (wedding) adalah sebuah moment dimana semua orang bahagia dan mengekspresikan kebahagiaan tersebut dengan berbagai hal, meskipun ada tangis, itu adalah tangis haru karena menyambut sebuah peristiwa yang sangat membahagiakan..


Dalam meng-capture moment dalam sebuah acara pernikahan (wedding) secara candid, saya lebih suka memanfaatkan cahaya alami atau cahaya natural(ambience light) yang bisa berasal dari matahari, maupun lampu-lampu yang ada di ruangan tersebut.
Kadang-kadang saya harus memotret dalam keadaan yang cenderung gelap (low light), namun sebisa mungkin saya tetap akan memanfaatkan cahaya ruang, meskipun konsekuensinya saya harus menaikkan ISO pada kamera yang akan mengakibatkan munculnya noise (grain) pada hasil foto.

Bagi sebagian orang noise dalam sebuah foto liputan akan sangat mengganggu keindahan foto tersebut, namun bagi saya, noise dalam foto-foto candid justru bisa menambah unsur artistik pada foto tersebut apabila direspon dengan tepat (baik saat pemotretan maupun saat post-produksi/editing).
Selain itu, kelebihan lain apabila menggunakan cahaya ruang (available light), saya dapat melakukan eksperimen-eksperimen angle, komposisi, dan dapat memotret dengan kecepatan kerja yang lebih tinggi (karena tidak tergantung pada lampu tambahan/flash), dan hal terbut kadang-kadang menghasilkan foto yang 'tidak terduga', yang cukup menarik untuk diapresiasi...


Kenapa Hitam Putih?
Saya memang suka membuat hasil akhir foto menjadi hitam putih, atau menjadi foto bersaturasi rendah (berwarna tapi tipis/mendekati hitam putih). Menurut saya foto hitam putih memiliki kekuatan 'emosional' yang lebih kuat, karena foto hitam putih mengisolasi subyek foto dari warna-warna yang kadang-kadang mengganggu kekuatan sebuah moment.

Meskipun demikian, saya tidak selalu membuat foto menjadi hitam putih, karena menurut saya foto hitam putih maupun foto berwarna memiliki kekuatan atau daya tarik masing-masing yang bisa saling melengkapi kekuatan sebuah album foto liputan wedding..


---under construction---