Sugeng rawuh--selamat datang--welcome... :)

Selamat datang di blog Bimo Suryojati Photography (bimosphotography)

Blog ini saya buat untuk memperkenalkan
diri, dan memperkenalkan (gallery) karya foto saya kepada anda semua.
Beberapa dari foto di bawah adalah karya komersial yang telah saya lakukan, beberapa yang lain merupakan hasil hunting dan hasil belajar fotografi yang akan terus saya perbaiki sampai batas kemampuan saya..

Akhir kata, semoga layak untuk dinikmati, dan bisa meramaikan dunia fotografi Indonesia..

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan,
terima kasih matur nuwun

Bimo Suryojati

(agar lebih nyaman dalam melihat/membaca galery dan uraian dari foto-foto saya, anda bisa memilih berdasarkan judul atau tema yang ada dalam BLOG ARCHIEVE, trimakasih.. :) )


Sunday, April 18, 2010

3. Stage Photography (Fotografi Panggung)

Saya senang melihat konser atau pertunjukan seni. Meskipun seringnya nggak mudeng (paham) kalau yang diliat pertunjukkan teater atau tari kontemporer, tapi melihat pertunjukkan seni dengan tingkat idealis yang sangat tinggi seperti itu membuat saya merasa terpacu untuk ikut berkarya. Melihat pertunjukan tari atau teater atau musik kontemporer juga memberi banyak ilmu dan inspirasi artistik untuk saya.

Dalam memotret sebuah pertunjukkan, ada sebuah tantangan yang cukup besar, yaitu bagaimana foto yang dihasilkan bisa mewakili 'suasana' yang dibangun dalam pertunjukkan tersebut, tidak semata-mata mendokumentasikan sebuah pentas.
Salah satu cara yang sering saya lakukan adalah menggunakan tehnologi multiple eksposure dari kamera. Contohnya adalah foto paling atas. Itu adalah sebuah pertunjukkan tari dengan judul 'banaspati', yaitu sosok setan api dalam legenda jawa. Pertunjukkan tersebut sangat rancak, dan pergerakan penari yang sangat dinamis seolah-olah menirukan pergerakan lidah-lidah api (dengan properti yang satu tema). Saya merasa harus bisa menangkap suasana mistis tersebut dan menuangkan dalam foto, maka saya gunakan tehnologi multiple eksposure dari kamera untuk menggabungkan 3 shot foto menjadi 1 (bukan editing di komputer).





---under construction---