Sugeng rawuh--selamat datang--welcome... :)

Selamat datang di blog Bimo Suryojati Photography (bimosphotography)

Blog ini saya buat untuk memperkenalkan
diri, dan memperkenalkan (gallery) karya foto saya kepada anda semua.
Beberapa dari foto di bawah adalah karya komersial yang telah saya lakukan, beberapa yang lain merupakan hasil hunting dan hasil belajar fotografi yang akan terus saya perbaiki sampai batas kemampuan saya..

Akhir kata, semoga layak untuk dinikmati, dan bisa meramaikan dunia fotografi Indonesia..

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan,
terima kasih matur nuwun

Bimo Suryojati

(agar lebih nyaman dalam melihat/membaca galery dan uraian dari foto-foto saya, anda bisa memilih berdasarkan judul atau tema yang ada dalam BLOG ARCHIEVE, trimakasih.. :) )


Saturday, April 17, 2010

2. Simply Natural PreWedding Photography

Simply Natural Prewedding Photography, atau mungkin lebih tepatnya Simply Natural Candid Prewedding Photography, adalah sebuah style foto preweding yang sedang saya pelajari dan ingin saya tawarkan kepada masyarakat. Oya sebelumnya maaf kalau istilah penamaan style diatas salah, atau tidak sesuai dengan kaidah bahasa. Istilah tersebut saya buat untuk mewakili sebuah style foto prewedding yang simple, natural, apa adanya, dan diambil secara candid, alias pasangan tidak melakukan pose-pose secara sengaja untuk tampak cantik dan tampan di depan kamera, hingga editing foto yang juga simple, atau bisa dibilang minimal retouching.
Inti dari style ini, (harapan saya) adalah sebuah foto prewedding dimana 'chemistry pasangan' bisa 'blend' atau menjadi satu kesatuan dengan lokasi dan suasana yang ada, dan menjadi pusat perhatian utama dalam sebuah foto (point of interest).
Sebelumnya saya sering melakukan foto prewedding di lokasi-lokasi yang indah, artistik, atau dengan kostum-kostum dan make up yang cantik. Jujur saja, menurut saya hal tersebut membuat foto menjadi lebih 'aman', karena pemandangan yang indah, lokasi-lokasi yang artistik, langit biru, warna warni kostum dan properti, akan memberi 'kekuatan' hingga foto tersebut tampak menarik, cantik, dan indah.
Dengan konsep Simply Natural Candid, saya berusaha melakukan yang sebaliknya, yaitu membuat sebuah foto prewedding dimana tempat/lokasi, kostum, property, make up dsb tidak menjadi sesuatu yang lebih ditonjolkan daripada keberadaan chemistry atau mood dari pasangan yang menjadi obyek utama dalam foto tersebut, melainkan bersama-sama menjadi sebuah kesatuan mood atau 'rasa'.


Kemudian setelah saya pelajari dan saya coba, foto dengan konsep style seperti ini ternyata memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Diperlukan pengetahuan yang kuat akan pencahayaan, komposisi, warna, pengadeganan, dan hal-hal tehnis fotografis lainnya untuk menciptakan sebuah mood romance dalam foto seperti ini.


Hal ini yang sampai sekarang dan seterusnya akan selalu saya pelajari, dan semoga konsep style seperti ini bisa menjadi alternatif style foto prewedding bagi yang merasa ingin membuat foto prewedding yang 'berbeda', tanpa bermaksud mengatakan bahwa foto prewedding style ini lebih baik daripada style yang lain dsb, karena bagi saya semua style foto memiliki 'rasa' tersendiri yang sama-sama kuat. Dan masing-masing orang punya penilaian yang subyektif dan beragam terhadap 'rasa' dari style-style tersebut,..ya seperti ada orang yang suka pedas, ada yang suka manis, ada yang suka asin..dsb :)




Yang dibawah ini adalah contoh beberapa foto prewed yang saya buat dengan lokasi yang cukup "menjual". Foto-foto ini bagi saya sudah berada diluar style simply natural, karena memerlukan persiapan-persiapan yang tidak simple. Di foto-foto ini, saya berusaha membuat obyek (pasangan) se 'blend-in' mungkin dengan lokasi, yaitu dengan membuat pose/akting (dan properti) yang menyatu dengan tempat yang ada.


---under construction---